Perkembangan Produk Digital di Indonesia

Pendahuluan

Akhir-akhir ini, kebutuhan akan internet sangat terasa di berbagai kalangan masyarakat. Bahkan semenjak pandemi covid 19, pemanfaatan internet untuk membantu kegiatan sehari-hari menjadi sangat masif. Maka tidak mengherankan banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, memilih untuk berbisnis melalui internet.

Sayangnya menjalankan sebuah bisnis di internet bukanlah perkara mudah. Mengingat sifat internet yang bebas dan tanpa batas, membuat persaingan bisnis tidak lagi dalam cakupan daerah, melainkan mencakup skala global dan tanpa batas negara.

Dari sini para pelaku bisnis pemula biasanya membutuhkan media atau jasa yang dapat membantu bisnisnya cepat bersaing di internet, terutama di pencarian google maupun sosial media. Media atau jasa-jasa tersebut biasanya berbentuk produk digital yang dikirimkan melalui internet.

Pengertian Produk Digital

Produk digital adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet, misalnya file (musik, video, grafis, dokumen, dan masih banyak lagi). Produk digital yang diperjual belikan saat ini berkembang bukan hanya sekedar produk berbentuk file, melainkan juga dapat berbentuk akun (biasanya berupa email dan password) ataupun jasa digital (misalnya jasa optimasi seo).

Jenis-Jenis Produk Digital

Jenis-jenis produk digital akan terus bertambah mengingat kebutuhan akan pemasaran digital terus bertumbuh. Namun untuk saat ini, beberapa produk digital dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Akun

Akun yang sering diperjual belikan di internet adalah akun-akun yang sulit untuk mendapatkannya atau berbayar atau terbatas. Contohnya adalah akun google adsense dimana banyak penggiat blog kesulitan untuk mendapatkan akun google adsense dan memilih untuk membeli akun yang sudah siap pakai.

Script / Source Code

Produk digital yang sering diperjual-belikan adalah script / source code sebuah proyek. Biasanya script tersebut dibeli untuk kebutuhan belajar maupun dijalankan menjadi sebuah bisnis yang nyata.

Website

Yang dimaksud website disini bisa berupa website yang sudah berjalan maupun kebutuhan-kebutuhan untuk membuat website. Seperti domain, hosting, template, plugin, dll

SEO

Search Engine Optimization adalah optimasi website / blog agar dapat bersaing di hasil pencarian suatu mesin pencari (terutama Google). Produk digital seo biasanya berupa jasa, seperti jasa tautan balik untuk meningkatkan otoritas domain, dll

Konten

Konten juga bisa dibilang produk digital yang banyak diminati, mengingat tidak semua pebisnis dapat membuat konten. Sedangkan konten memiliki peranan penting dalam kemajuan suatu bisnis. Konten disini dapat bersifat luas tidak hanya sekedar artikel, melainkan dapat berupa video, foto yang dipublikasikan di berbagai sosial media.

Grafis dan Media

Untuk produk digital grafis biasanya lebih banyak mengarah kepada jasa pembuatan suatu grafis. Contohnya jasa desain logo, jasa edit foto, dll. Dapat juga berupa pembuatan animasi dan musik

Course

Kursus atau webinar juga bisa dikatakan sebagai produk digital. Biasanya produk digital ini dapat berupa buku elektronik (e-book), video kursus, ataupun kelas online melalui media meeting seperti zoom, google meet, dll

Balance / Saldo

Beberapa contoh produk jenis ini yang sering diperjualbelikan antara lain saldo paypal, saldo e-wallet, atau bahkan pulsa seluler / paket data.

Game Online

Perkembangan game online yang sangat pesat akhir-akhir ini membuat peluang-peluang baru bagi yang ingin mencari keuntungan dari dunia game online. Beberapa hal yang bisa diperjual-belikan adalah item di dalam game (diamond, skin, karakter, dll) atau akun game itu sendiri

Jasa Online

Tidak hanya produk, jasa di dunia internet juga ditawarkan sebagai bentuk produk digital. Contoh yang paling sering adalah jasa pembuatan website/aplikasi, jasa upload produk ke marketplace, jasa ketik, jasa terjemah, dll

Peran Produk DIgital dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan akan internet sudah seperti kebutuhan primer masyarakat. Dimulai dari aktifitas setelah bangun tidur sampai tidur kembali, ada kebutuhan internet didalamnya.

Beberapa peran produk digital, dapat dikategorikan sebagai berikut:

Hiburan

Beberapa jenis produk yang berperan dalam kategori hiburan dapat berupa produk game, maupun akun hiburan (netflix, youtube, dll)

Edukasi

Beberapa jenis produk digital yang berperan dalam bidang edukasi antara lain: kursus (ebook, video, kelas online), konten (artikel, video edukasi, dll), dan source code

Bisnis

Untuk kategori bisnis hampir semua produk digital memiliki peran didalamnya. Terutama produk SEO, Akun, Konten, Website dan Jasa Online

Jual Beli Produk Digital

Sampai saat ini sudah banyak marketplace yang khusus memperjualbelikan produk digital. Bahkan marketplace-marketplace produk fisik juga mulai membuka akses untuk bertransaksi produk digital.

Beberapa hal yang perlu diingat ketika ingin melakukan membeli produk digital antara lain:

Usahakan untuk tidak membayar di awal

Banyak penjual licik yang memberikan produk atau jasa tidak sesuai kesepakatan atau deskripsi. Atau yang lebih parahnya lagi, ada penjual yang kabur setelah menerima pembayaran dari pembeli.

Jika harus bayar di awal, gunakan jasa rekber

Rekber (rekening bersama) adalah pihak penengah yang menyimpan uang dari pembeli sementara penjual memproses produk atau jasa yang dijual. Uang dari pembeli akan sampai ke penjual hanya jika pembeli sudah menyatakan “Ok” atau mengkonfirmasi bahwa produk atau jasanya sudah diterima dengan baik sesuai kesepakatan awal.

Perhatikan jasa rekber

Selain waspada kepada para penjual, pembeli juga harus berhati-hati dalam memilih rekber yang dia gunakan. Kejadian rekber yang membawa kabur uang pelanggan tidak terjadi sekali dua kali. Untuk itu, gunakanlah jasa rekber yang aman dan terpercaya.

Kesimpulan

Kebutuhan akan produk digital sudah seperti kebutuhan akan produk fisik, terutama dikalangan pebisnis, pelajar, dan generasi milenial pada umumnya.

Daftar Pustaka